Menggunakan Smart Pianist

Fungsi yang tersedia di Smart Pianist berbeda-beda, tergantung pada instrumen yang tersambung, dan hanya fungsi yang dapat digunakan yang diperlihatkan di tampilan Smart Pianist. Untuk melihat daftar fungsi yang tersedia untuk setiap instrumen, akses di sini.

Dalam bab ini, baca “Pengoperasian dasar” terlebih dulu, kemudian instruksi untuk setiap fungsi yang dipilih di menu yang dijelaskan di bawah ini.

Bagian ini menjelaskan tentang tombol operasi yang sering digunakan ① – ⑦.

a          Menu

Ini adalah pintu gerbang ke setiap fungsi. Dari sini, pilih fungsi yang ingin Anda gunakan. Menu akan berbeda-beda, tergantung pada instrumen yang tersambung.

Piano Room (Ruang Piano) (Menikmati performa piano)

Voice (Suara) (Memainkan keyboard dengan berbagai suara)

Style (Gaya) (Memainkan dengan pengiring otomatis)

Song (Lagu) (Memutar dan merekam Lagu)

Utility (Utilitas) (Membuat pengaturan global)

Instrument (Instrumen) (Menyambungkan dengan instrumen)

Demo (Melihat video demo)

b          Help (Bantuan)

Memperlihatkan deskripsi fungsi. Anda dapat mengeluarkan instruksi dengan mengetuk item yang disorot dalam kotak kuning.

c           Settings (Pengaturan)

Mengeluarkan tampilan Pengaturan untuk fungsi (Piano Room, Voice, Style, Song) (Ruang Piano, Suara, Gaya, Lagu) yang dipilih dari menu. Berbagai macam pengaturan dapat dibuat untuk setiap fungsi.

d          Recording (Perekaman)

Mengeluarkan jendela Recording (Perekaman) di mana Anda dapat merekam performa Anda.

e          Registration Memory (Memori Registrasi)

Anda dapat menyimpan sekaligus pengaturan saat ini seperti Voice (Suara) dan Style (Gaya). Ini membuat Anda dapat dengan mudah mengeluarkan pengaturan yang diinginkan saat Anda membutuhkannya.

Ketuk [Save Current Setting] untuk menyimpan pengaturan saat ini. Untuk mengeluarkan pengaturan, pilih Registration Memory (Memori Registrasi) yang diinginkan dari daftar. Anda dapat melihat pengaturan apa yang disimpan ke Registration Memory (Memori Registrasi) yang dipilih dengan mengetuk  (Informasi).

f            Metronome (Metronom)

Mengeluarkan jendela Metronome (Metronom) di mana Anda dapat menggunakan metronom.

g          Volume balance (Keseimbangan volume)

Mengeluarkan jendela Balance (Keseimbangan) di mana Anda dapat menyetel keseimbangan volume antara suara keyboard, Style (Gaya), Song (Lagu), Mic (Mikrofon), dll.

Anda dapat menikmati bermain piano dengan suara favorit Anda. Dengan menjentikkan gambar piano atau latar belakang ke kanan atau kiri, jenis piano atau lingkungan dapat diubah.

Di tampilan Piano Room Setting (Pengaturan Ruang Piano), Anda dapat mengubah pengaturan seperti resonansi suara dan respons sentuhan sesuka Anda.

Anda dapat memainkan keyboard dengan menggunakan berbagai macam Voice (Suara) instrumental, termasuk piano, alat musik gesek, alat musik tiup logam, instrumen tiup, dan lain-lain. Untuk memilih Voice (Suara), ketuk gambar instrumen.

Anda tidak hanya dapat memainkan satu Voice (Suara) (Main (Utama)) saja, Anda juga dapat melapisi bagian Main (Utama) dengan Voice (Suara) (bagian Layer (Lapisan)) yang berbeda. Anda juga dapat memainkan Voice (Suara) yang berbeda di bagian kiri keyboard dengan mengaktifkan bagian Left (Kiri).

Apabila bagian Left (Kiri) diaktifkan, titik yang membagi keyboard menjadi bagian kanan dan bagian kiri (disebut Split Point (Titik Pisah)) dapat diubah dengan memindahkan garis ke kanan atau ke kiri pada ilustrasi keyboard. Mengetuk dua kali garis ini akan mengembalikan pengaturan default (F#2).

Berbagai pola pengiring dan latar berirama (bersama-sama disebut "Style (Gaya)") dapat secara otomatis ditambahkan ke performa Anda. Ini membuat Anda dapat menciptakan ulang suara band lengkap atau orkestra — meskipun Anda bermain sendiri.

1.   Ketuk di kiri atas tampilan Style (Gaya) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini untuk mengeluarkan tampilan Style Select (Pilih Gaya).

2.   Pilih Style (Gaya) yang diinginkan di tampilan Style Select (Pilih Gaya), lalu ketuk [Done] di sudut kanan atas.

3.   Ketika tampilan Style (Gaya) diperlihatkan, ketuk  (Mulai) untuk memulai pemutaran dan memainkan keyboard.

Jika [Synchro Start] diaktifkan, Style (Gaya) mulai dimainkan segera setelah Anda memainkan keyboard (tanpa perlu mengetuk  untuk memulai).

Anda dapat secara ekspresif mengubah variasi pengiring (Bagian A, B, C atau D) tergantung pada dinamika permainan Anda.

4.   Setelah Anda menyelesaikan performa, ketuk  (Berhenti) untuk menghentikan pemutaran. Sebelum Style (Gaya) dihentikan, ada penutup yang diputar.

“Song (Lagu)” berarti data musik yang mencakup lagu preset, file musik yang tersedia secara komersial, dll. Anda tidak hanya dapat memutar Song (Lagu) dan mendengarkannya, tetapi Anda juga dapat memainkan keyboard bersama dengan pemutaran Song (Lagu), dan Anda juga dapat merekam performa Anda. Ada dua jenis format Song (Lagu): Audio dan MIDI. Untuk detailnya, lihat “Apa perbedaan antara Audio dan MIDI?” di FAQ (Pertanyaan Umum).

1.   Ketuk di kiri atas tampilan Song (Lagu) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini untuk mengeluarkan tampilan Song Select (Pilih Lagu).

2.   Pilih Song (Lagu) yang diinginkan di tampilan Song Select (Pilih Lagu).

* Song (Lagu) yang Anda rekam dengan Smart Pianist dapat dipilih dari [User Songs], dan lagu audio di perangkat pintar dapat dipilih dari [Music Library].

3.   Ketuk  (Mulai) di bagian bawah tampilan Song Select (Pilih Lagu) untuk memulai pemutaran.

Di tampilan Song Select (Pilih Lagu), pemutaran berlanjut hingga  (Jeda) diketuk.

4.   Jika Anda ingin melihat score, ketuk [Done] di sudut kanan atas untuk kembali ke tampilan Song (Lagu), lalu ketuk  (Mulai) untuk memulai pemutaran.

Di tampilan Song (Lagu), pemutaran berhenti secara otomatis ketika Song (Lagu) yang dipilih mencapai bagian akhir.

Anda dapat meningkatkan latihan Anda dengan menggunakan fungsi yang dijelaskan di bagian ini. Untuk menggunakan fungsi ini, keluarkan tampilan Song (Lagu) setelah memilih Song (Lagu) untuk dipakai berlatih.

* Score Audio Song (Lagu Audio) dapat diperlihatkan di instrumen dengan fungsi Audio to Score (Audio ke Score). Untuk Audio Song (Lagu Audio), hanya A-B Repeat (Pengulangan A-B) yang dapat digunakan dari fungsi di bawah ini.

u  Guide (Panduan)

Dengan mengetuk [Guide] untuk mengaktifkan fungsi Guide (Panduan), Anda dapat berlatih menurut kecepatan Anda sendiri — karena pengiring menunggu Anda memainkan not dengan benar. Di instrumen yang memiliki Guide Lamp (Lampu Panduan) atau Stream Light (Cahaya Urutan), lampu menunjukkan not yang harus Anda mainkan dan kapan Anda harus memainkannya.

u  Pemutaran ulang (A-B Repeat (Pengulangan A-B))

Anda dapat menetapkan rentang sekelompok ketukan dan memutar rentang yang ditentukan berulang kali. Ini membantu Anda untuk berlatih memainkan bagian yang sulit.

1.   Ketuk  (Mulai) untuk memulai pemutaran Song (Lagu).

2.   Apabila pemutaran mencapai titik awal yang diinginkan (A), ketuk [A-B] untuk mengaktifkannya.

3.   Apabila pemutaran mencapai titik akhir yang diinginkan (B), ketuk [A-B] sekali lagi. Rentang dari Titik A ke Titik B akan diputar berulang kali. Jika Anda menonaktifkan [A-B], rentang pengulangan akan dihapus.

* Anda dapat memindahkan posisi pemutaran dengan menggunakan penggeser yang terletak di bawah nama Song (Lagu).

* Titik B tidak dapat disetel ke akhir Song (Lagu). Jika berupa Audio Song (Lagu Audio), titik A/B disetel ke awal ketukan. Apabila Anda memindahkan penggeser ke ujung kanan, posisi Song (Lagu) saat ini dipindahkan ke awal ketukan terakhir pada sekelompok ketukan terakhir Song (Lagu).

Jika berupa MIDI Song (Lagu MIDI), titik disetel ke awal sekelompok ketukan. Apabila Anda memindahkan penggeser ke ujung kanan, Current Song Position (Posisi Lagu Saat Ini) dipindahkan ke awal sekelompok ketukan terakhir Song (Lagu).

u  Parts on/off (Bagian aktif/tidak aktif)

Anda dapat membisukan bagian (Right (Kanan)/Left (Kiri)/Backing (Latar)) untuk mencoba melatih bagian tersebut sendiri. Latih bagian yang dibisukan bersama dengan pemutaran bagian lain.

Anda dapat merekam performa Anda dalam format Audio atau MIDI dan menyimpannya sebagai Song (Lagu). Data yang direkam disimpan ke perangkat pintar. Jika Anda ingin mengekspor data yang direkam dari Smart Pianist, lihat ”Dapatkah saya mentransfer data yang direkam ke perangkat lain?” di FAQ (Pertanyaan Umum).

*Apabila instrumen disambungkan melalui Bluetooth, Audio Recording (Perekaman Audio) tidak tersedia, meskipun instrumen memiliki fungsi Audio Recording (Perekaman Audio). Sambungkan dengan cara lain, atau rekam dalam format MIDI.

u  Merekam Song (Lagu) baru

1.   Buat pengaturan yang diperlukan seperti pemilihan Voice (Suara) dan Style (Gaya).

2.   Ketuk  (Rekam) di sudut kiri bawah tampilan dasar (Piano Room, Voice, Style, Song) (Ruang Piano, Suara, Gaya, Lagu) untuk mengeluarkan jendela Record (Rekam).

3.   (Hanya untuk instrumen dengan fungsi Audio Rec (Rekaman Audio):) Pilih format perekaman [Audio] atau [MIDI].

4.   Ketuk [New Song].

5.   Ketuk  (Rekam) untuk mulai merekam.

6.   Setelah performa Anda selesai, ketuk  (Berhenti) di sudut kiri bawah tampilan untuk berhenti merekam.

7.   Ketuk [Save] untuk menyimpan rekaman performa Anda ke perangkat pintar.

Tanggal dan waktu rekaman diperlihatkan sebagai nama Song (Lagu), namun Anda dapat mengganti namanya dengan mengetuk nama Song (Lagu).

Untuk memutar data yang disimpan di lain waktu, pilih Song (Lagu) dari [User Songs] di tampilan Song Select (Pilih Lagu).

u  Overdubbing data ke Song (Lagu) yang sudah direkam (Multi Track Recording (Perekaman Multi Track))

Anda dapat menambahkan data ke Song (Lagu) yang ada dengan merekam performa Anda saat memutar bagian yang sudah direkam sebelumnya. Dengan merekam setiap bagian secara mandiri, Anda dapat membuat Song (Lagu) lengkap yang mungkin sulit dimainkan secara live. Misalnya, Anda dapat merekam bagian tangan kanan terlebih dulu lalu merekam bagian tangan kiri sambil mendengarkan bagian tangan kanan yang sudah direkam, atau Anda dapat merekam pemutaran Style (Gaya) terlebih dulu lalu merekam melodi sambil mendengarkan pemutaran Style (Gaya) yang sudah direkam.

1.    Rekam Song (Lagu) pertama dengan mengikuti instruksi di “Merekam Song (Lagu) baru” dan menyimpannya.

Dengan perekaman MIDI, atur bagian yang diinginkan untuk direkam ke [Rec] dan bagian mana pun yang tidak ingin Anda rekam ke [Off]. Selain itu, tentukan saluran (1 – 16) sebagai tempat bagian perekaman.

Tampilan ini merupakan contoh perekaman performa tangan kanan (Bagian Main (Utama)) ke saluran 1.

2.    Pilih Song (Lagu) yang sudah direkam di tampilan Song Select (Pilih Lagu).

3.    Ketuk  (Rekam) di sudut kiri bawah tampilan dasar (Piano Room, Voice, Style, Song) (Ruang Piano, Suara, Gaya, Lagu) untuk mengeluarkan jendela Record (Rekam), lalu pastikan nama Song (Lagu) yang disimpan di langkah 1 diperlihatkan.

4.    (Khusus perekaman MIDI:) Atur bagian yang diinginkan untuk direkam ke [Rec], lalu tentukan saluran untuk bagian perekamannya.

Tampilan ini merupakan contoh perekaman performa tangan kiri (Bagian Main (Utama)) ke saluran 2.

Anda dapat melihat bahwa bagian saluran 1 (kanan) yang direkam di langkah 1 berisi data, seperti yang ditunjukkan oleh gambar instrumen yang diperlihatkan di bagian bawah tampilan. Jika Anda mengatur saluran yang berisi data yang direkam ke [Rec], data yang direkam sebelumnya akan diganti dengan yang baru.

5.    Ketuk  (Rekam) untuk mulai merekam.

6.    Setelah performa Anda selesai, ketuk  (Berhenti) di sudut kiri bawah tampilan untuk berhenti merekam.

7.    Ketuk [Save] untuk menyimpan rekaman performa Anda ke perangkat pintar.

Jika Anda ingin menyimpan Song (Lagu) sebagai Song (Lagu) yang berbeda dari Song (Lagu) yang dipilih di langkah 2, ganti nama Song (Lagu) di sini sebelum menyimpan.


Di tampilan Utility (Utilitas), Anda dapat membuat berbagai macam pengaturan yang terkait dengan seluruh instrumen, seperti penalaan, pengaturan keyboard, pengaturan pedal, dan pengaturan mikrofon.

Dari [Instrument] di menu, Anda dapat menyambungkan Smart Pianist ke instrumen. Apabila instrumen tersambung, nama model diperlihatkan di sini. Untuk detailnya, lihat ”Menyambungkan dengan Instrumen Anda.”

Anda dapat melihat video yang bermanfaat dari instrumen yang tersambung, yang memperkenalkan berbagai fungsinya. Apabila tampilan Demo diperlihatkan, ketuk video yang diinginkan untuk memulai pemutaran.