FAQ (Pertanyaan Umum)

Ketersediaan fungsi-fungsi tertentu berbeda-beda, tergantung pada instrumen yang disambungkan. Beberapa fungsi mungkin tidak tersedia untuk digunakan di Smart Pianist meskipun fungsi-fungsi ini tersedia di instrumen Anda. Untuk melihat daftar fungsi yang tersedia di setiap instrumen, akses di sini.

• Audio Song (Lagu Audio)

Audio Song (Lagu Audio) adalah rekaman suara yang dimainkan itu sendiri. Data ini direkam dengan cara yang sama seperti yang digunakan dengan alat perekam suara, dll. Musik CD yang diimpor ke perangkat pintar merupakan salah satu contoh Audio Song (Lagu Audio).

Dalam perekaman Audio, Anda dapat merekam performa keyboard Anda serta input suara vokal dari mikrofon yang disambungkan ke instrumen, atau suara pemutaran dari alat pemutar audio eksternal yang disambungkan ke instrumen. Karena data disimpan dalam format WAV stereo atau AAC dengan resolusi kualitas CD normal (44,1 kHz/ 16 bit), data tersebut dapat diputar di alat pemutar audio seperti smartphone. Format perekaman (tipe file) dapat ditentukan sebagai AAC atau WAV dari [System] di tampilan Utilitas.

• MIDI Song (Lagu MIDI)

MIDI Song (Lagu MIDI) terdiri dari informasi performa keyboard Anda dan bukan merupakan rekaman suara yang sesungguhnya itu sendiri. Informasi performa berarti kunci mana yang dimainkan, pada waktu apa, dan dengan kekuatan apa — sama seperti dalam score musik. Berdasarkan informasi performa yang direkam, penghasil nada (instrumen) mengeluarkan suara yang bersangkutan. Dengan MIDI Song (Lagu MIDI), Anda dapat berlatih secara efektif dengan melihat score atau mengaktifkan atau menonaktifkan bagian tertentu. Contohnya, Song (Lagu) preset di instrumen merupakan MIDI Song (Lagu MIDI).

Dalam perekaman MIDI, Anda dapat merekam setiap bagian (seperti bagian tangan kanan, bagian Style (Gaya)) satu per satu. Data yang direkam dapat diedit, seperti mengubah tempo, dan merekam ulang sebagian data. Data MIDI Song (Lagu MIDI) juga lebih kecil dari Audio Song (Lagu Audio).

Untuk mengonversi MIDI Song (Lagu MIDI) menjadi Audio Song (Lagu Audio), pilih MIDI Song (Lagu MIDI) yang diinginkan dan mulai perekaman Audio tanpa memainkan keyboard. Ketika Song (Lagu) diputar hingga bagian akhir, hentikan pemutaran dan simpan.

Hanya score MIDI Song (Lagu MIDI) yang dapat diperlihatkan. Ini termasuk score Song (Lagu) preset atau User Song (Lagu Pengguna) yang direkam melalui format MIDI. Jika bagian (atau saluran) yang diperlihatkan dalam score tidak ditetapkan dengan benar, ubah pengaturan dengan mengikuti instruksi ”Dapatkah saya melihat score bagian selain bagian melodi?

Untuk Audio Song (Lagu Audio), hanya bagan chord yang dapat diperlihatkan. Namun, instrumen yang memiliki fungsi Audio to Score (Audio ke Score)dapat membuat dan memperlihatkan score pengiring Audio Song (Lagu Audio).

Di tampilan Song (Lagu), pemutaran berhenti secara otomatis ketika Song (Lagu) mencapai bagian akhir. Untuk memutar Song (Lagu) berulang kali, ketuk tombol di sudut kanan bawah tampilan Song Select (Pilih Lagu) berulang kali untuk memilih pola pemutaran.

Memutar Song (Lagu) yang dipilih berulang kali.

Melanjutkan pemutaran semua Song (Lagu) dalam kategori yang sama dengan Song (Lagu) yang dipilih berulang kali.

Melanjutkan pemutaran acak semua Song (Lagu) dalam kategori yang sama dengan Song (Lagu) yang dipilih berulang kali.

Anda dapat mengekspor data yang direkam ke Dropbox untuk digunakan di perangkat lain.

1.   Pilih [User Song] di tampilan Song Select (Pilih Lagu), lalu ketuk [Edit].

2.   Beri tanda centang pada Song (Lagu) yang ingin Anda ekspor, lalu ketuk  (Ekspor).

3.   Periksa tujuan ekspor (dan pilih folder jika perlu), lalu ketuk [Export].

4.   Ketuk [OK] ketika pesan konfirmasi muncul. Tampilan Song Select (Pilih Lagu) akan diperlihatkan ketika ekspor selesai.

5.   Akses Dropbox dengan menggunakan komputer atau perangkat pintar. Anda dapat menemukan Song (Lagu) yang diekspor di folder ”Smart Pianist” di dalam folder “Apps”. Anda dapat menyimpan data ke perangkat lain seperti USB flash drive.

Unggah data ke folder “Smart Pianist” di dalam folder “Apps” Dropbox, lalu impor data ke Smart Pianist.

1.   Di tampilan Song Select (Pilih Lagu), pilih [User Songs], lalu ketuk  (Impor).

2.   Pilih folder jika perlu, beri tanda centang pada data yang ingin Anda impor, lalu ketuk [Import].

3.   Ketuk [OK] ketika pesan konfirmasi muncul. Song (Lagu) yang diimpor akan diperlihatkan di tampilan di langkah 1.

4.   Untuk instruksi pemutaran, lihat ”Memutar Song (Lagu).”

Anda dapat mentransfer data dengan menggunakan Dropbox.

1.   Ketuk [System]→[Backup] di tampilan Utility (Utilitas) di perangkat pintar yang sedang Anda gunakan, untuk mengunggah data cadangan ke Dropbox.

2.   Ketuk [System]→[Restore] di tampilan Utility (Utilitas) di perangkat pintar yang Anda inginkan sebagai tujuan transfer data, untuk memuat data cadangan dari Dropbox ke perangkat.

Dropbox adalah layanan hosting file (layanan penyimpanan online) yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Ketika menggunakan Smart Pianist, Anda dapat mengekspor data performa yang direkam ke Dropbox, atau mengimpor data yang disimpan di Dropbox ke Smart Pianist. Anda juga dapat membuat cadangan data, termasuk berbagai macam pengaturan, ke Dropbox pada saat yang sama. Ketika Anda menggunakan Dropbox, pastikan perangkat pintar tersambung ke Internet.

Anda dapat membuat pengaturan dari [System]→[Dropbox] di tampilan Utility (Utilitas) untuk menautkan Smart Pianist ke akun Dropbox Anda.

Mengetuk [Log On] akan memperlihatkan tampilan Logon Dropbox, tempat Anda memasukkan data yang diperlukan. Apabila diberi akses, nama akun Dropbox Anda muncul di tempat [Log On] di tampilan di atas, sehingga Anda dapat mengimpor atau mengekspor data.

Fungsi Audio to Score (Audio ke Score) secara otomatis membuat score pengiring piano dari lagu audio di perangkat pintar Anda. Hanya dengan memilih lagu audio, progres chord dari lagu dianalisis dan score pengiring dalam berbagai pola dibuat secara otomatis. 40 jenis score pengiring akan dibuat per satu lagu, dan Anda dapat memilih score yang Anda inginkan, tergantung pada genre musik atau level Anda.

*Score melodi tidak dapat dibuat.

Anda dapat menggunakan fungsi tersebut jika instrumen yang tersambung dilengkapi dengan fungsi Audio to Score (Audio ke Score).

1.   Pilih Audio Song (Lagu Audio) di tampilan Song Select (Pilih Lagu), lalu ketik [Done] di sudut kanan atas.

Lagu audio yang disimpan di perangkat pintar dapat dipilih dari [Music Library].

2.   Score pengiring yang dibuat secara otomatis diperlihatkan di tampilan Song (Lagu).

Anda dapat memilih score pengiring favorit Anda dari [Arrangement] → [Accompaniment Score Pattern] di tampilan Song Setting (Pengaturan Lagu).

Fungsi Audio to Score (Audio ke Score) biasanya membuat score pengiring dalam waktu 4/4. Karena alasan ini, score mungkin tidak benar untuk Song (Lagu) dalam waktu 3/4.

Di sini, Anda akan belajar cara untuk memodifikasi tanda birama dengan menggunakan score “Silent Night” (dalam 3/4) sebagai contoh.

1.   Periksa tanda birama di score pengiring, lalu ketuk [Chord] di bagian bawah.

2.   Ketuk  (Analisis) di bagian atas tampilan Chord.

3.   Ubah [Meter] dari 4 menjadi 3, lalu ketuk [Re-analyze].

4.   Ketika tampilan Chord diperlihatkan, ketuk [Score] untuk kembali ke tampilan Score.

Score pengiring dalam waktu 3/4 akan diperlihatkan.

Data audio yang kompatibel untuk aplikasi ini adalah data WAV, AAC, atau MP3 dalam format berikut.

• WAV

Laju sampel: 44,1 kHz, mono/stereo

Resolusi bit: 8 atau 16 bit

• AAC, MP3

Laju sampel: 44,1 kHz, mono/stereo

Laju bit: mono = 32 kbps – 160 kbps, stereo = 64 kbps – 320 kbps (kompatibel dengan laju bit variabel)

Song (Lagu) yang disediakan oleh layanan streaming musik, lagu yang tidak diimpor dengan menggunakan aplikasi “Music”, dan lagu yang dibatasi oleh DRM (manajemen hak digital) tidak dapat dipilih. Suara seperti nada dering dan alarm juga tidak dapat dipilih.

Ketika memilih Audio Song (Lagu Audio), chord dideteksi secara otomatis dan bagan chord atau score ditampilkan. Chord dianalisis dengan sangat akurat, tetapi chord yang ditampilkan mungkin berbeda dari lagu aslinya. Selain itu, hasil analisis mungkin berbeda, tergantung pada OS atau perangkatnya.

Untuk mengedit chord, ketuk chord yang akan diedit dan pilih chord yang diinginkan.

Karena bagian melodi (biasanya suara vokal) berada di tengah gambar stereo di sebagian besar Audio Song (Lagu Audio), Anda dapat mengecilkan volume posisi tengah dan membuat bagian melodi kurang terdengar dengan menggunakan fungsi Melody Suppressor (Penekan Melodi).

1.    Pilih Audio Song (Lagu Audio), lalu keluarkan tampilan Song (Lagu). Untuk memilih Song (Lagu), lihat “Memutar Song (Lagu).”

2.    Aktifkan [Melody Suppressor] dari [Arrangement] di tampilan Song Setting (Pengaturan Lagu).

3.    Ketuk [Done] untuk kembali ke tampilan Song (Lagu), lalu putar Song (Lagu). Periksa apakah volume bagian melodi dikecilkan.

Biasanya, bagian melodi (bagian tangan kanan/tangan kiri) ditetapkan ke Saluran 1/2 pada Song (Lagu) preset. Dengan mengubah penetapan ini, score akan berubah.

1.   Pilih Song (Lagu) dan keluarkan tampilan Song Setting (Pengaturan Lagu).

2.   Ubah pengaturan [MIDI Part Channel] dari [Playback] di tampilan Song Setting (Pengaturan Lagu). Pertama-tama, nonaktifkan [Auto Set], lalu ubah penetapan saluran ke bagian [Right] dan bagian [Left].

Di beberapa instrumen tertentu, ini dapat diatur dari [Score] di tampilan Utility (Utilitas).

3.   Saluran yang ditetapkan ke [Right] diperlihatkan di bagian atas, dan saluran yang ditetapkan ke [Left] diperlihatkan di bagian bawah grand staff.

Anda tidak dapat menggunakan Smart Pianist dengan aplikasi lain secara bersamaan. Jika Anda menggunakan aplikasi lain, sambungan Smart Pianist akan terputus dari instrumen.

Ini dapat mengganggu tautan antara aplikasi dan instrumen. Jika ini terjadi, matikan dan hidupkan instrumen lagi. Setelah itu, coba sambungkan aplikasi dan instrumen lagi.

Sambungan yang andal tergantung pada perangkat pintar atau spesifikasi Bluetooth, atau lingkungan komunikasi nirkabel Anda. Coba operasi berikut.

• Matikan Bluetooth di tampilan Pengaturan perangkat pintar, lalu hidupkan kembali. Jika indikasi “(Nama model)_MIDI” muncul di daftar sambungan perangkat pintar, hapuslah.

• Tutup Smart Pianist dan matikan instrumen lalu hidupkan kembali.

• Jangan gunakan instrumen di dekat produk listrik yang mengeluarkan gangguan elektromagnetik (microwave, perangkat nirkabel, dll.).

Setelah mencoba berbagai operasi di atas, mulai ulang Smart Pianist, lalu sambungkan kembali dengan menggunakan Connection Wizard (Pemandu Sambungan). Jika masalah berlanjut, sambungkan menggunakan kabel USB.

Kapasitas memori perangkat pintar tidak cukup untuk mengaktifkan aplikasi. Tambah kapasitas memori perangkat, misalnya, dengan menghapus aplikasi atau data yang tidak perlu, seperti foto.

Tambah kapasitas memori perangkat, misalnya, dengan menghapus aplikasi atau data yang tidak perlu, seperti foto.

Mulai ulang aplikasi. Aplikasi mungkin tidak beroperasi dengan benar.

Beberapa efek mungkin terus diterapkan, bahkan ketika pilihan lain telah dibuat. Misalnya, ketika Song (Lagu) dipilih, kualitas nada Voice (Suara) yang dipilih mungkin berbeda dari yang diharapkan. Jika ini terjadi, pilih Voice (Suara) lagi untuk mengembalikan pengaturan awal.

Ketika Registration Memory (Memori Registrasi) dipulihkan, banyak parameter diatur ulang seperti saat file disimpan. Karena alasan ini, parameter yang disimpan juga (mungkin secara tidak sengaja) dikembalikan, dan Anda mungkin mengira parameter tersebut telah diubah secara tidak sengaja. Anda dapat mengatur parameter spesifik yang ingin Anda pulihkan dengan mengetuk  (informasi) di jendela Registration Memory (Memori Registrasi).

Ini bukan indikasi adanya masalah. Ketika Registration Memory (Memori Registrasi) dipulihkan, banyak parameter diatur ulang secara berurutan dan tampilan dapat berubah sebentar saat hal ini terjadi.

Ketuk dua kali penggeser tampilan atau kenop untuk mengatur ulang.

Untuk mengatur ulang semua parameter, inisialisasi pengaturan dari [System]→[Factory Reset] di tampilan Utility (Utilitas).