Merekam Permainan Keyboard sebagai Data MIDI ke Komputer

Dengan menggunakan perangkat lunak Music Production di komputer, Anda dapat merekam permainan keyboard sebagai data MIDI. Untuk instruksi mendetail, baca panduan aplikasi. Bagian ini mencakup pengaturan dasar yang perlu dilakukan pada instrumen untuk perekaman. Perhatikan bahwa beberapa instruksi berikut mungkin tidak tersedia di instrumen.

● Pengaturan Local Control

Saat merekam permainan keyboard Anda ke komputer yang tersambung, data MIDI yang Anda mainkan akan ditransmisikan ke komputer dan dikembalikan ke instrumen. Hal ini akan menghasilkan suara "ganda", karena penghasil nada instrumen menerima data permainan keyboard langsung dari keyboard serta dari komputer. Untuk menghindarinya, atur Local Control ke “Off”, untuk memisahkan penghasil nada instrumen dari keyboard.

CATATAN

    Jika Anda menggunakan perangkat lunak synthesizer sebagai penghasil nada, selain mengatur Local Control ke “Off”, pastikan untuk melakukan pengaturan pada aplikasi di komputer agar data MIDI yang diterima dari instrumen tidak dikembalikan ke instrumen.

● Jam Eksternal

Ketika memutar data Style/Arpeggio, Anda harus mengatur jam mana yang digunakan, dari instrumen atau komputer. Jika Anda menggunakan jam dari komputer, lakukan pengaturan pada instrumen agar pemutaran Style/Arpeggio mengikuti jam eksternal.

● Pengaturan Transmisi MIDI

Lakukan pengaturan agar pemutaran Style/Arpeggio serta permainan keyboard akan ditransmisikan ke komputer. Perhatikan bahwa beberapa instrumen tidak dapat mentransmisikan data pemutaran.

● Mentransmisikan Pengaturan Panel (Initial Send)

Dengan menjalankan ini sebelum perekaman, Anda dapat merekam pengaturan panel ke awal data Lagu. Hal ini memastikan bahwa suara rekaman Lagu akan tepat dan sesuai harapan saat diputar.