Mentransfer file dengan Komputer menggunakan Explorer, Finder, dll.

CATATAN

     Tergantung instrumen dan OS komputer yang digunakan, menu dan petunjuk di layar dapat berbeda dari yang ditampilkan di instruksi di bawah ini.

     Metode transfer file berbeda-beda tergantung instrumen. Lihat kolom "Metode transfer file" di "Model dan Fungsi Target".

    Mentransfer file menggunakan Musicsoft Downloader (gratis)

    Mentransfer file menggunakan Explorer, Finder, dll. di komputer

Panduan ini menggunakan Windows 10 sebagai contoh.

1.  Sambungkan instrumen dan komputer lewat kabel USB.

2.  Atur fungsi ”Storage Mode” instrumen ke ”ON” sesuai dengan Buku Manual instrumen.

CATATAN

    Instrumen akan terkunci atau tidak dapat digunakan saat ”Storage Mode” diatur ke ”ON”. ”Storage Mode” biasanya akan diatur ke ”OFF”, kecuali jika Anda mentransfer file antara instrumen dan komputer.

3.  Di komputer, jalankan aplikasi yang dapat menyalin file, misalnya Explorer.

4.  Pastikan bahwa instrumen dikenali sebagai perangkat penyimpanan eksternal menggunakan Explorer atau program sejenis.

    Nama perangkat tergantung instrumen.

5.  Salin file antara komputer dan instrumen (perangkat penyimpanan eksternal).

PEMBERITAHUAN

    Saat menyalin file dari komputer ke instrumen (drive penyimpanan eksternal), pastikan bahwa instrumen (drive penyimpanan eksternal) memiliki ruang kosong yang memadai.

    Jangan ubah (ganti nama) nama file cadangan (dengan ekstensi:.BUP) di komputer. Data cadangan tidak akan diimpor ke instrumen.

    Untuk Lagu Pengguna dan Style Pengguna yang dibuat di instrumen, jangan mengubah nama filenya di komputer. Jika namanya diubah, data Lagu Pengguna dan Style Pengguna tidak akan dapat dikenali oleh instrumen.

    Jangan buat folder di instrumen (drive penyimpanan eksternal). Instrumen mungkin tidak akan mengenali file yang disalin.

    Jangan melakukan format pada instrumen (drive penyimpanan eksternal). Instrumen mungkin tidak akan berfungsi dengan benar.

    Jangan putuskan sambungan kabel USB selama komunikasi data. Selain itu, jangan matikan daya instrumen. Hal ini tidak hanya membuat data yang ditransfer tidak tersimpan, tetapi juga membuat instrumen dan komputer menjadi tidak stabil, dan semua konten memori bisa hilang secara permanen jika daya dihidupkan atau dimatikan.

    Untuk melepaskan instrumen (drive penyimpanan eksternal), ikuti prosedur di buku kecil ini. Tidak melakukannya sesuai prosedur dapat merusak file.

6.  Setelah penyalinan selesai, lepaskan instrumen (drive penyimpanan eksternal) dari komputer.

    Nama drive tergantung instrumen.

7.  Lepaskan kabel USB yang menyambungkan instrumen ke komputer.

8.  Atur fungsi ”Storage Mode” instrumen ke ”OFF” sesuai Buku Manual instrumen.

9.  Jika Anda mentransfer file ke instrumen, pastikan bahwa file ditransfer dengan benar.

    Jika Anda mentransfer file Cadangan (***BUP), pastikan bahwa pengaturan panel telah berubah sesuai keinginan.

    Jika Anda mentransfer Lagu (***.MID), pilih nomor terkait lalu mulai putar. Untuk detailnya, lihat Buku Manual instrumen, atau lihat ”Memutar File MIDI termasuk Lagu yang Ditransfer dari Komputer.”

    Jika Anda mentransfer Style (***.STY), pastikan bahwa transfer file berhasil sesuai Buku Manual instrumen.